Pandangan Orientalis Terhadap Qira’atil Qur’an

Avatar

- Redaksi

Minggu, 16 Juni 2024 - 09:01 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh : Miftahul Jannah [Mahasiswi Fakultas Ushuluddin, Universitas Sultan Thaha Saifuddin Jambi]

OPINI – Qira’at dapat dipahami sebagai bentuk pengucapan Al-Qur’an yang ditetapkan berdasarkan sanad yang sampai pada Rasulullah SAW. Qira’at ini memiliki perbedaan kecil baik intonasinya, pengucapan kata, panjang pendek, dan lainnya itu semua tergantung pada Imam mazhabnya. Seiring perkembangan zaman, Islam sangat menarik untuk dikaji, salah satunya adalah berkaitan dengan Al-Qur’an. Dalam hal ini bukan hanya orang-orang Islam saja yang tertarik akan tetapi orang-orang barat atau biasa disebut Orientalis juga tertarik untuk mengkaji Al-Qur’an. Tetapi, yang menjadi permasalahannya ialah mereka mengkaji Al-Qur’an terdapat banyak kekeliruan di dalamnya, bahkan mereka menganggap Al-Qur’an itu hanyalah rekayasa Nabi Muhammad SAW., sebuah ajaran yang tidak benar yang hanya di buat oleh manusia bukan dari Tuhan.

Orang barat bermaksud masuk ke dunia Islam dan ingin menghancurkan umat Muslim secara perlahan. Orientalis berupaya mempelajari Al-Qur’an guna mempermudah jalan Mereka memasuki dunia Islam, sebab Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam dan kunci utama sekaligus pedoman hidup bagi umat Islam. Sebagai langkah awal orang barat menerjemahkan Al-Qur’an ke dalam bahasa latin dan bahasa Eropa. Tujuan utama mereka mengkaji Al-Qur’an ialah untuk membuktikan keotentikan dan keaslian Al-Qur’an, baik dari segi bacaan maupun tulisan.

Kajian mengenai Al-Qur’an ini termasuk salah satunya adalah tentang Qira’at. Bukan hanya diminati oleh kalangan umat Islam saja tetapi hal ini menarik perhatian para Orientalis, mereka menaruh minat besar untuk mengkaji. Orang-orang Orientalis melakukan kegiatan tadarus Al-Qur’an, kegiatan ini patut dicurigai sekaligus di apresiasi. Patut dicurigai karena kegiatan ini bisa menjadi kedok mereka untuk menyebarkan ajarannya kedalam Islam, sekaligus ingin merusak kesatuan umat Islam. Jika kekuatan umat Islam tidak kokoh maka mereka mudah saja diracuni pikirannya sehingga mereka keluar dari Islam. Patut di apresiasi karena mereka terkadang lebih luas pemikirannya dalam membedah suatu topik permasalahan.

Selain itu orang barat juga tidak terima dan merasa kecewa karena kitab suci Meraka mengalami beberapa kali pembaruan, sehingga tidak otentik lagi. Dari sinilah mereka berusaha membuktikan bahwa Al-Qur’an ini tidak asli lagi, salah satu senjata ampuh mereka adalah melalui cara baca Al-Qur’an yang bermacam-macam, dari sini mereka beranggapan mana mungkin kitab suci yang masih asli terdapat variasi dalam bacaannya.

Orientalis juga beranggapan bahwa Al-Qur’an terdapat kontradiksi bacaan. Variasi serta perbedaan bacaan ini menurut mereka merupakan sebuah kekacauan besar, yang memungkinkan bagi orang-orang untuk membaca Al-Qur’an semaunya. Perbedaan macam-macam Qira’at karena karakteristik tulisan Arab itu sendiri yang bentuk tulisannya sendiri dapat menghadirkan bacaan (suara vokal) yang berbeda tergantung pada peletakan titik, baik jumlah dan tempatnya. Adanya perbedaan harakat (tanda baca) yang tidak ditemukan batasannya dalam tulisan Arab sehingga memicu perbedaan membaca yang dapat menyebabkan perbedaan makna. Dalam membaca Al-Qur’an jika tidak hati-hati salah penyebutan satu huruf atau harakat saja maka maknanya sudah berbeda.

Dari sekian banyak kritik para Orientalis, sebagian sarjana Muslim memberikan tanggapan dan jawaban. Sebagian besar beranggapan bahwa Orientalis tidak begitu paham mengenai Qira’at mereka hanya mengkaji perbedaannya saja tapi tidak tahu mengapa bacaan tersebut berbeda. Terlebih lagi mereka melakukan kekeliruan dalam pengkajian Al-Qur’an karena mereka tidak mengkaji secara sistematis, tetapi mereka memilih mempelajari Qira’at dengan acak. Sehingga keberadaan Qira’at dalam pandangan mereka adalah sebuah kekacauan dan tidak memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain.

Berita Terkait

Polemik Revisi UU TNI : Melampaui Trauma Orde Baru dan Menjawab Tantangan Masa Kini melalui Perspektif Komunikasi Politik
Mengacak Arah Lembaga Pendidikan “Bahaya Keterlibatan Kampus Dalam Bisnis Tambang”
Krisis Komunikasi Pemerintahan di Provinsi Jambi, Antara Dinas Kesehatan dan Gubernur Al Haris
Wacana Pilkada Lewat DPRD, Menjaga Substansi Demokrasi di Tengah Tantangan Prosedural
Serangan Al Haris-Sani : Tanda Kelemahan Dibalik Ketakutan Terhadap Romi-Sudirman
Balada Residivis Narkotika di Parlemen
Janji MANTAP, Realita Buruk : Al Haris Tersandera Isu Batu Bara
Al Haris Gagal, Jambi Terpuruk dalam Jeratan Masalah Batu Bara

Berita Terkait

Rabu, 23 April 2025 - 23:57 WIB

Usaha Peternakan Babi di Desa Talang Belido Tak Berizin, 4 OPD di Muaro Jambi Turun Tangan

Sabtu, 12 April 2025 - 18:11 WIB

Kritik Pemerintah, Pemuda di Muaro Jambi Tanam Pohon Pisang di Jalan Rusak 

Jumat, 28 Maret 2025 - 10:24 WIB

Solidnya Danramil Sebapo dan Kapolsek Mestong, Kompak Bagikan Takjil Gratis ke Masyarakat Pengguna Jalan

Jumat, 28 Juni 2024 - 10:22 WIB

Koperasi BAM Gelar Rapat Anggota Tahunan

Rabu, 26 Juni 2024 - 08:26 WIB

Dinas Kehutanan Jambi Tuntaskan Konflik Koperasi BAM dengan Kelompok Tani Karya Makmur

Minggu, 23 Juni 2024 - 12:19 WIB

Aktivitas Warga SAD di Lahan Koperasi BAM Disebut Tak Punya Dasar Hukum

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:40 WIB

Pemerintah Berikan Penjelasan Terkait Pembekuan Koperasi BAM dan Legalitas Kelompok Tani Karya Makmur

Selasa, 28 Mei 2024 - 08:16 WIB

Berantas Geng Motor, Polsek Sungai Gelam Bentuk Duta dan Patroli Rutin

Berita Terbaru